Peringati Hari Bakti Rimbawan Indonesia ke-41, UPTD KPH SBB Gelar Aksi Penanaman Berbagai Jenis Pohon

JB. Com, SBB – Dinas Kehutanan Provinsi Maluku, lewat UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Seram Bagian Barat menggelar Hari Bakti Rimbawan Indonesia ke-41 tahun 2024 dengan mengusung tema “Untuk Tanah Air, Untuk Bangsa, Untuk Maluku Maju dan Berkelanjutan”.

Hari Bakti Rimbawan yang di gelar oleh UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Seram Bagian Barat berlangsung di SMAN 22 SBB dan SMP I Kairatu, pada Rabu (27/03/2024).

Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Seram Bagian Barat, Jusakh B. Sahumena, S.Hut, saat  di wawancarai media ini, pada Kami (28/03/2024)  mengatakan, hutan merupakan kunci untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, untuk itu perlindungan yang lebih baik dan peningkatan pengelolaan hutan dunia merupakan salah satu solusi berbasis alam yang paling efektif.

“Pada konteks Nasional, pengendalian perubahan iklim merupakan amanat UUD 45, Negara memberikan arah dan kewajiban serta memastikan agar pembangunan berwawasan lingkungan untuk memenuhi kesejahteraan masyarakat dan tetap memperhatikan perlindungan terhadap aspek lingkungan hidup, sosial budaya dan kesejahteraan masyarakat,” Jelas Sahumena.

Pada kesempatan tersebut, Sahumena juga menyampaikan himbauan Menteri Kehutanan RI, bahwa setiap jengkal tanah air, setiap kawasan berciri hutan harus berada dalam lindungan negara, untuk seluruh masyarakat Indonesia dan untuk melindungi segenap tumpah darah Indonesia. Pesan ini dititipkan untuk kita semua agar dapat melihat dan menyadari kondisi-kondisi yang sudah berkembang, seperti yang ada saat ini sebagai tanggung jawab dalam menjaga setiap tapak hutan yang ada di bumi raja-raja ini.

“Mari kita terus menjaga dan kawal hutan kita lewat aksi nyata bersama seluruh para Rimbawan Indonesia, khususnya di kabupaten Seram Bagian Barat,” Tuturnya.

Untuk diketahui dalam menyongsong Hari Bakti Rimbawan Indonesia ke-41 tahun 2024, UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Seram Bagian Barat menggelar berbagai kegiatan nyata dalam menjaga kelestarian hutan dengan mengajak seluruh elemen masyarakat termasuk pelajar dengan menanam berbagai jenis tanaman seperti Damar, Lenggua, Mahoni, cengkih, mangga, rambutan dan klengkeng. (JB-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *