Robby Sapulette Buka Kegiatan Konsultasi Publik Rencana Induk Pengelolaan Sampah

JB. Com, Ambon – Asisten III Administrasi Umum umum Sekertariat Kota Ambon, Robby Sapulette, mewakili PJ. Walikota Ambon, Bodewin Wattimena membuka kegiatan konsultasi publik rencana induk pengelolaan sampah, yang dilaksanakan oleh Direktorat Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah ( DLHP), yang berlangsung di Swissbell hotel Ambon, pada Rabu (31/01/2024).

Kegiatan tersebut hadiri  perwakilan dari kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, kementerian dalam negeri, kementerian kesehatan, direktorat CPO Indonesia, Bappenas, serta pimpinan dan staf pemerintah kota Ambon.

Robby Sapulette saat membaca sambutan,  PJ walikota Ambon  menyampaikan bahwa pemerintah kota Ambon selama ini belum memiliki rencana induk pengelola sampah, namun dengan adanya program cleansity blue ocean ( CCBO ) yang diprakarsai oleh your said dan bekerjasama dengan pemerintah kota Ambon, rencana tersebut dapat terwujud, hal ini terlihat dari dilakukannya konsultasi publik ini.

Rencana induk pengelolaan sampah ini bertujuan menjadi acuan pelaksanaan kebijakan pengelolaan sampah d kota Ambon, dan rencana ini mencukup 5 aspek, yaitu aspek teknis operasional, pembiayaan, peraturan atau regulasi, kelembagaan, dan peran serta masyarakat.

Kegiatan konsultasi ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari berbagai pemangku kepentingan, mengidentifikasi tantangan, dan peluang dalam pengelolaan sampah di kota Ambon, menyimpulkan resiko yang ada, serta mendukung pencapaian target pengurangan dan penanganan sampah secara nasional.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai pentingnya pengelolaan sampah dan mendorong keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan pengelolaan sampah .

Dengan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan pengelolaan sampah di kota Ambon dapat menjadi lebih baik dan berkelanjutan. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *