SMA Negeri 4 Ambon Sukses Laksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

Jejak berita.Com, Ambon – SMA Negeri 4 Ambon telah sukses menyelenggarakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), yang merupakan program evaluasi dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk meningkatkan mutu pendidikan di seluruh satuan pendidikan. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari di bulan Agustus ini diikuti oleh 40 siswa kelas 11 yang dipilih secara acak oleh pusat.

Kepala SMA Negeri 4 Ambon , Mezak Tentua S,Th,.M.P.dk menyampaikan bahwa seluruh proses ANBK berjalan dengan lancar tanpa hambatan, baik dari segi jaringan maupun kehadiran siswa. “Kami bersyukur selama pelaksanaan kegiatan dua hari ini semua peserta dapat mengikuti dengan baik, tidak ada yang sakit, dan semuanya selesai sesuai rencana,” ungkapnya, pada Rabu (18/09/2024).

Sistem seleksi peserta dilakukan oleh pusat melalui metode acak, yang mencakup siswa dengan berbagai tingkat kemampuan, mulai dari yang pandai, sedang, hingga lemah. “Pesertanya tidak kami tentukan, semuanya sudah dipilih langsung dari pusat. Jadi, hasil asesmen ini akan memberikan gambaran lengkap mengenai kemampuan siswa dari berbagai latar belakang,” tambahnya.

SMA Negeri 4 Ambon memiliki jumlah siswa saat ini sebanyak 1.090 orang, tersebar di 30 rombongan belajar dari kelas 10 hingga 12. Meski jumlah siswa besar, sekolah tetap menjalankan kegiatan belajar dalam satu sif, sesuai dengan aturan yang berlaku.

Hasil dari ANBK ini akan disajikan dalam bentuk rapor pendidikan pada tahun 2025. “Tahun depan, kita akan melihat hasil asesmen dalam bentuk rapor pendidikan yang akan menggambarkan kemampuan literasi siswa, survei karakter, dan kondisi pembelajaran di sekolah. Tahun kemarin, SMA Negeri 4 Ambon berhasil mencapai hasil yang baik dengan sebagian besar item berwarna hijau, meski ada beberapa sub-item yang masih merah dan perlu pembenahan,” jelas Kepala Sekolah.

Selain asesmen untuk siswa, pada bulan ini juga guru-guru di SMA Negeri 4 akan mengikuti survei lingkungan belajar yang merupakan bagian dari ANBK. “Guru-guru akan mengisi kurang lebih 100 pertanyaan terkait lingkungan belajar, dengan batas waktu pengisian hingga 24 September mendatang. Ini akan menjadi bagian penting untuk menentukan posisi SMA Negeri 4 Ambon dalam peta pendidikan nasional,” ujarnya.

Pelaksanaan ANBK di SMA Negeri 4 Ambon menjadi salah satu langkah penting dalam memajukan pendidikan di Ambon, dengan harapan dapat terus memperbaiki mutu pendidikan dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *