Bandar Udara Pattimura – Ambon bersama Smart Air siapkan Penerbangan Subsidi Angkutan Udara Perintis Korwil Langgur Tahun Anggaran 2024

Jejakberita.Com, Ambon – Bandar Udara Pattimura – Ambon mengumumkan partisipasinya dalam Program Penerbangan Subsidi Angkutan Udara Perintis Penumpang untuk Koordinator Wilayah (Korwil) Langgur Tahun Anggaran 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Demikian yang disampaikan Legal, Compliance and Stakeholder Relation Manager, Atifatul Ismi, pada Rabu (05/06/2024).

Menurut Ismi, melalui Penandatanganan Kontrak Subsidi Angkutan Udara Perintis Penumpang untuk 11 (sebelas) rute Koordinator Wilayah (Korwil) Langgur, pada Senin, 03 Juni 2024 di Gate 5 Bandar Udara Pattimura – Ambon, Bandar Udara Pattimura – Ambon turut berperan dalam 3 rute penerbangan subsidi angkutan udara perintis dari 11 rute yang ada, yang telah mulai beroperasi sejak peresmiannya. Ketiga rute tersebut adalah:

1. Ambon – Banda Neira, Pulang – Pergi, 2x Seminggu;
2. Ambon – Wahai, Pulang – Pergi, 2x Seminggu;
3. Ambon – Kisar, Pulang – Pergi, 2x Seminggu;

PT. Smart Cakrawala Aviation yang telah dipilih sebagai maskapai yang menangani rute-rute penerbangan ini. Maskapai tersebut akan menggunakan pesawat single engine jenis Cessna Caravan C208B yang memiliki kapasitas 12 penumpang.

Program penerbangan subsidi perintis ini bertujuan untuk meningkatkan akses konektivitas bagi masyarakat Maluku, terutama di wilayah-wilayah Tertinggal, Terluar, Terdepan, dan Perbatasan (3TP). Dengan adanya program ini, diharapkan Pemerintah Provinsi Maluku dapat memanfaatkan penerbangan subsidi dari pemerintah ini dengan menjamin keterisian penumpang 100 persen sehingga dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Maluku.

General Manager Bandar Udara Pattimura – Ambon, Shively Sanssouci menyatakan “dengan adanya penerbangan perintis ini diharapkan dapat meningkatkan minat para pengguna jasa untuk menjelajah daerah perintis kedepannya sehingga meningkatkan antusias dan ketertarikan di sekitar Provinsi Maluku”

Bandara Pattimura – Ambon akan terus mendukung program pemerintah dalam memberdayakan masyarakat Maluku. General Manager Bandar Udara Pattimura – Ambon berkomitmen untuk berperan aktif dalam setiap inisiatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan aksesibilitas bagi seluruh masyarakat di Maluku.

(JB-01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *