Telkom Maluku Siap Tingkatkan Kolaborasi Digitalisasi Kota Ambon

Jejakberita.Com, Ambon – General Manager PT Telkom Witel Maluku, Agus Widhiarsana bersama timnya, melakukan kunjungan ke Balai Kota Ambon pada hari Kamis (18/4/24).

Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan berkoordinasi dengan jajaran Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo Sandi) Kota Ambon terkait dengan pengembangan digitalisasi di wilayah tersebut.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat Command Center (CC) lantai IV Balai Kota, Plt. Kepala Diskominfo Sandi, Ronald H. Lekransy, menyampaikan apresiasinya atas kehadiran PT Telkom Maluku dan timnya. Ia pun menyambut baik peluang untuk meningkatkan kolaborasi dalam rangka mempercepat digitalisasi Kota Ambon.

Lekransy memaparkan bahwa peran PT Telkom Maluku sangatlah penting dalam mendukung kebutuhan digitalisasi Kota Ambon. Kontribusi PT Telkom dalam menyediakan koneksi internet fiber optic yang menjangkau seluruh desa/negeri/kelurahan di Kota Ambon telah memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan publik.

Berdasarkan hasil riset Institut Teknologi Bandung (ITB), Kota Ambon telah mencapai level “survival” dalam hal digitalisasi. Artinya, digitalisasi telah dilakukan dengan arah yang cukup jelas dan telah berdampak pada hampir sebagian besar area layanan yang dilakukan oleh pemerintah kota.

“Saat ini, kita tinggal dua fase lagi untuk mencapai fase “transformed” di mana digitalisasi menjadi budaya hidup pemerintah dan warga kota,” ungkap Lekransy.

Lebih lanjut, Lekransy menyampaikan beberapa catatan penting untuk dipertimbangkan oleh PT Telkom Maluku dalam pengembangan kerjasama dengan Pemkot Ambon. Pertama, terkait dengan media penyimpanan data untuk CCTV secara online. Kedua, bimbingan teknis bagi jajaran pegawai Diskominfo Sandi dalam pengembangan kapasitas Sumberdaya manusia, utamanya terkait dengan SPBE dan Smart City. Ketiga, dukungan kemudahan up jaringan internet dalam mendukung event tertentu tanpa biaya tambahan.

Menanggapi permintaan tersebut, GM PT Telkom Witel Maluku, Agus Widhiarsana, menyatakan bahwa pihaknya akan mempertimbangkannya dengan seksama. Ia pun menekankan pentingnya kolaborasi yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

“Kami sangat berharap bahwa kerjasama antar Telkom dan Diskominfo Sandi terjalin semakin baik, sehingga dapat memberikan support untuk memberikan penyempurnaan digitalisasi di kota ini guna melayani masyarakat,” harap Widhiarsana.

Kunjungan ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat sinergi antara Pemkot Ambon dan PT Telkom Maluku dalam mewujudkan Kota Ambon yang Smart dan Digital. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *