DPRD Kota Ambon Usulkan 3 Calon Pj Walikota: Siapa Saja Mereka?

JB. Com, Ambon – Dalam rapat paripurna yang digelar pada Kamis 28/3/2024 Kemarin. DPRD Kota Ambon resmi mengusulkan 3 nama calon Penjabat (Pj) Walikota Ambon untuk tahun 2024. Ketiga nama tersebut adalah:

Apries Gaspers (Sekretaris DPRD Kota Ambon)
Apries Gaspers merupakan sosok birokrat berpengalaman yang telah lama mengabdi di lingkungan Pemerintah Kota Ambon. Beliau dikenal memiliki kemampuan kepemimpinan yang kuat dan cakap dalam menangani berbagai permasalahan birokrasi.

Valentino Sumitro
Valentino Sumitro merupakan pejabat dari Direktorat Penataan Daerah Otonomi Khusus Dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Beliau memiliki pemahaman yang mendalam tentang tata kelola pemerintahan daerah dan diharapkan dapat membawa perspektif baru bagi Kota Ambon.

Melky Lohi
Melky Lohi saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Maluku. Beliau memiliki reputasi sebagai pemimpin yang inovatif dan visioner, serta memiliki pengalaman yang luas dalam bidang komunikasi dan informasi.

Usulan 3 nama calon Pj Walikota Ambon ini selanjutnya akan disampaikan kepada Kemendagri. Nantinya, Kemendagri akan menggabungkan 3 nama tersebut dengan 3 nama usulan dari Gubernur Maluku dan 3 nama dari Kemendagri sendiri.

Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian kemudian akan melakukan seleksi dan penilaian terhadap 9 nama tersebut. TPA akan mempertimbangkan berbagai aspek, seperti kompetensi, integritas, dan rekam jejak para calon.

Pj Walikota Ambon yang terpilih nantinya akan dihadapkan dengan berbagai tantangan, di antaranya:

Menjaga stabilitas dan keamanan kota, Melanjutkan program pembangunan yang telah berjalan
Menangani berbagai permasalahan sosial dan ekonomi, Mempersiapkan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024
Diharapkan Pj Walikota yang terpilih mampu memimpin Kota Ambon dengan baik dan membawa kemajuan bagi masyarakat. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *