Kota Tual Melangkah Maju,  Melompat Keluar dari Zona Merah Pelayanan Publik

JB. Com, Ambon – Kota Tual menorehkan prestasi gemilang dalam penilaian Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku tahun 2023. Kota ini berhasil keluar dari zona merah pelayanan publik dan melangkah ke zona kuning dengan skor 67,26. Pencapaian ini merupakan hasil kerja keras dan komitmen Pemerintah Kota Tual dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat.

Sebelumnya, Kota Tual berada di zona merah dengan skor 54,84. Dalam kurun waktu satu tahun, Kota Tual berhasil meningkatkan skornya secara signifikan, menunjukkan dedikasi dan upaya serius pemerintah dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku, Hasan Slamat saat penyerahan dokumen standar penilaian publik kepada Pemkab kota Tual di kantor Ombudsman Maluku, pada Kamis (22/02/2024)

Hasan Slamat, mengapresiasi kemajuan signifikan yang diraih Kota Tual. “Pendampingan yang kami lakukan di tahun 2023 menunjukkan hasil yang luar biasa,” kata Hasan.

Peningkatan standar pelayanan dan maklumat layanan di berbagai OPD.
Penguatan kompetensi penyelenggara layanan melalui pelatihan dan bimbingan teknis.
Perbaikan sarana prasarana dan sistem informasi pelayanan publik.
Peningkatan partisipasi masyarakat dalam menyampaikan masukan dan kritik.

Salah satu contoh konkrit perbaikan adalah di bidang kesehatan. Dua Puskesmas di Kota Tual, yaitu Puskesmas Tual dan Puskesmas Dullah, berhasil masuk zona kuning dengan nilai 67,26, hal ini menunjukkan komitmen Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat.

Meskipun telah mencapai kemajuan signifikan, Pemerintah Kota Tual tidak berpuas diri. Pejabat Walikota Tual, Akhmad Yani Renuat, menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Target kami tahun depan adalah mencapai zona hijau kepatuhan pelayanan publik,” kata Akhmad.

Untuk mencapai target tersebut, beberapa langkah strategis akan dilakukan, di antaranya:

Optimalisasi website OPD dan sistem pengaduan SP4N Lapor.
Peningkatan kualitas standar pelayanan dan maklumat layanan.
Pemberian reward  kepada OPD berdasarkan kinerja pelayanan publik serta penguatan partisipasi masyarakat dalam mengawasi dan memberikan masukan.

Keberhasilan Kota Tual keluar dari zona merah pelayanan publik merupakan inspirasi bagi daerah lain di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa dengan komitmen dan kerja keras, peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dicapai. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *