The Sea Cleaner, NGO Asal Perancis Hibah Kapal Pengeruk Sampah Kepada DLH Pemprov Maluku

Daerah, Pemda Maluku51 Dilihat

JB.Com, Ambon – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku akan menerima bantuan hibah 1 kapal pengeruk sampah yang diberikan oleh The Sea Cleaner (TSC) NGO dari Negara Perancis. Demikian disampaikan Kadis DLH Provinsi Maluku, Drs. Roy.C Siauta. M.Si kepada wartawan di ruang kerjanya, pada Rabu (10/01/2024).

Siauta menjelaskan, The Sea Cleaner merupakan NGO dari Negara Perancis bergerak di bidang lingkungan dan tidak mengutamakan keuntungan. Kapal tersebut kalau di rupiahkan harganya 6 Miliar lebih, namun ini berikan secara gratis.

DLH Provinsi Maluku telah melakukan rapat bersama dengan perwakilan dari The Sea Cleaner yaitu Mr Anthony sejak desember 2023 terkait dengan rencana hibah 1 kapal pengeruk itu,” Jelas Siauta.

Menurutnya, tahun ini sekitar bulan Juni – Juli Kapal Pengeruk sampah tersebut sudah akan tiba di Provinsi Maluku tepatnya di Kota Ambon dan nantinya akan digunakan untuk mengeruk sampah di teluk Ambon dan sekitarnya.

Ia menegaskan, bantuan hibah kapal pengeruk tersebut merupakan kerja keras Gubernur Maluku yang selalu mendorong Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku untuk dapat membeli kapal pengangkut sampah laut sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan sampah di perairan teluk Ambon.

Ia berharap, ketika kapal pengeruk sampah ini tiba di Maluku, nantinya pemanfaatannya dapat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi persoalan-persoalan sampah yang ada di Teluk Ambon dan sekitarnya. (JL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *