Jelang HUT Pengayoman ke-79 , Kanwil Kemenkumham Maluku Gelar Pameran Pelayanan Publik 

Jejak berita.Com, Ambon – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkuham) Provinsi Maluku menggelar pameran pelayanan publik dalam rangka menyongsong Hari Pengayoman ke-79  yang jatuh pada tanggal 19 Agustus 2024.

Kegiatan pameran pelayanan publik dipusatkan di lantai 2 pusat perbelanjaan kota Ambon, Maluku City Mall (MCM), pada Sabtu (03/08/2024).

Kepala Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Maluku, Hendro Tri Prasetyo melakukan peninjauan secara langsung pelaksanaan pameran pelayanan publik yang nantinya akan berlangsung selama dua hari.

Disela peninjauannya, Hendro Tri Prasetyo kepada awak media menjelaskan, pameran pelayanan publik yang digelar selama dua hari ini adalah pelayanan Eazy Paspor, pelayanan hukum dan juga tentang pemasyarakatan.

“Pameran pelayanan publik ini sebagai salah bentuk kita mendekatkan diri kepada masyarakat, menjemput bola apabila ada masyarakat yang punya kepentingan dengan keimigrasian, pelayanan hukum dan kemasyarakatan bisa langsung berkonsultasi di sini,” Jelasnya.

Hendro Tri Prasetyo berharap semoga dari kegiatan ini masyarakat dapat mengetahui apa itu Kementerian Hukum dan HAM, bukan hukum secara aturan  saja, tetapi kenyataan  di lapangan bukan hanya terkait dengan peraturan dan hukum saja, tetapi ada hukum admistrasi, ada Imigrasi, pemasyarakatan dan pelayanan hukum,   ini juga merupakan edukasi kepada masyarakat.

Pameran pelayanan publik yang digelar selama dua hari ini, ada kegiatan pelayanan Eazy Paspor yang dilakukan oleh Imigrasi kelas I TPI Ambon.

Pelayanan Eazy Paspor yang digelar di MCM Ambon bertujuan mendekatkan pelayanan  paspor kepada masyarakat  secara langsung, jadi masyarakat tidak lagi ke kantor Imigrasi dalam pembuatan paspor.

Selain  pelayanan Eazy Paspor, ada juga pelayanan hukum, oleh Divisi Pelayanan Hukum.  Hal ini juga bertujuan kepada pelaku usaha UMKM bisa mendapat informasi bagaimana mendaftarkan Badan Hukumnya sebagai Perseroan Perorangan. Kemudian, layanan informasi daftar tarif PNPB dan waktu penyelesaian layanan AHU (Administrasi Hukum Umum).

Dalam pameran tersebut ada juga di pamerkan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Perempuan Kelas III Ambon, terlihat  beberapa produk yakni, rajutan, Kerajinan berupa bross, kue kering, Sambal roa dan beberapa produk WB lainnya. (JB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *