Pj. Walikota Ambon Lantik Robby Sapulette sebagai Sekkot, Siap Hadapi Tugas Strategis

Terbaru642 Dilihat

Jejak berita.Com, Ambon – Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Dominggus Nicodemus Kaya, secara resmi melantik Robby Sapulette sebagai Penjabat Sekretaris Kota (Sekkot) Ambon dalam upaya memperkuat tata kelola pemerintahan dan meningkatkan pelayanan publik di kota ini. Pelantikan berlangsung khidmat di Aula Vlisingen, Kota Ambon, pada Jumat, 27 September 2024

Pelantikan Robby Sapulette sebagai Sekretaris Kota ini diadakan bersamaan dengan pengangkatan 30 kepala sekolah baru untuk tingkat SD dan SMP, serta lima pejabat fungsional pengelolaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Kota Ambon. Kegiatan ini menandai momentum penting bagi reformasi birokrasi dan peningkatan mutu pelayanan publik di Ambon.

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Dominggus Nicodemus Kaya menggarisbawahi pentingnya konsolidasi birokrasi yang efektif untuk menghadapi berbagai agenda strategis. Ia menegaskan bahwa Robby Sapulette memiliki peran penting dalam mensukseskan program-program prioritas, seperti Pilkada Serentak 2024, pengendalian inflasi, penanganan stunting, pembahasan APBD 2025, dan penyelesaian laporan hasil pemeriksaan BPK.

“Saudara Sekretaris Kota Ambon diharapkan mampu membangun komunikasi sinergis dengan seluruh pihak guna mensukseskan agenda-agenda kerja tersebut,” ujar Dominggus.

Masa jabatan Robby Sapulette sebagai Penjabat Sekretaris Kota akan berlangsung selama tiga bulan dan dapat diperpanjang hingga pelantikan pejabat definitif. Pj. Walikota juga menyampaikan bahwa penunjukan Sapulette sudah melalui konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Gubernur Maluku, serta berdasarkan kualifikasi yang dinilai sesuai untuk mendampingi dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

“Setiap pemimpin akan memilih orang yang dianggap mampu bekerja sama dan mendukung pelaksanaan tugas. Saya yakin, Robby Sapulette adalah orang yang paling tepat untuk posisi ini,” tambahnya.

Selain itu, Dominggus juga memberikan arahan kepada para kepala sekolah yang baru dilantik agar segera menyesuaikan diri di tempat tugas baru dan membangun komunikasi yang baik dengan para guru serta lingkungan sekolah. Kepada pejabat fungsional pengelolaan barang dan jasa, Pj. Walikota mengingatkan pentingnya kepatuhan terhadap aturan pengadaan barang dan jasa demi menjamin efisiensi dan transparansi di lingkungan Pemerintah Kota.

Setelah prosesi pelantikan, Robby Sapulette bersama perwakilan kepala sekolah dan pejabat fungsional menandatangani berita acara dan fakta integritas sebagai komitmen dalam menjalankan tugas-tugas dengan penuh tanggung jawab.

Acara pelantikan ini menandai langkah awal penting bagi Pemerintah Kota Ambon dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan-tantangan strategis di masa depan dengan harapan seluruh elemen birokrasi dapat berkolaborasi untuk mencapai visi pembangunan kota yang lebih maju dan berkelanjutan. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *