Pemilihan Duta GenRe Jadi Puncak ADUJAK 2024

Kota Ambon1468 Dilihat

Jejak berita.Com, Bali – Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (ADUJAK) Generasi Berencana (GenRe) Tingkat Nasional Tahun 2024 yang digelar pada 17-21 September di Bali, mencapai puncak dalam Malam Final Pemilihan Duta GenRe Indonesia 2024. Acara spektakuler ini berlangsung pada Jumat, 20 September 2024, di Balai Budaya Giri Nata Mandala, Kabupaten Badung, Bali.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Utama (Sestama) BKKBN, Tavip Agus Rayanto, Wakil Bupati Badung, I Ketut Suyasa, serta sejumlah kepala daerah dari berbagai provinsi di Indonesia, termasuk Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, yang didampingi oleh Bunda GenRe, Deasy N. Kaya. Acara ini juga dihadiri oleh seluruh kepala perwakilan BKKBN se-Indonesia, yang turut mendukung perhelatan besar ini.

Dalam sambutannya, Sestama BKKBN Tavip Agus Rayanto menyampaikan bahwa ADUJAK 2024 adalah pelaksanaan yang ke-14 sejak pertama kali diinisiasi oleh BKKBN pada tahun 2010. Tujuan dari ADUJAK adalah memilih remaja-remaja terbaik dari seluruh Indonesia yang dapat menjadi role model dalam mendukung program GenRe, khususnya terkait pemahaman kesehatan reproduksi, gizi, serta perencanaan hidup sehat dan berkeluarga.

“Lewat ADUJAK, kita berharap dapat melahirkan para duta yang menjadi role model untuk meningkatkan kesadaran remaja terhadap kesehatan reproduksi, gizi, serta menjadi konselor sebaya yang bisa memberikan informasi, saran, dan solusi bagi teman-temannya,” ujar Rayanto.

Ia juga menegaskan bahwa para Duta GenRe yang terpilih bukan hanya pemenang, tetapi mereka juga menjadi aktor utama yang siap mendengarkan, memberikan perhatian, dan menjadi konselor kreatif melalui pendekatan komunikasi sebaya yang efektif.

“Bagi mereka yang meraih prestasi, saya ucapkan selamat. Namun, bagi yang belum terpilih, jangan patah semangat. Pengalaman berharga ini tetap menjadi bekal penting bagi masa depan kalian,” tambah Rayanto.

Sementara itu, usai acara, Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, turut memberikan apresiasi atas pelaksanaan ADUJAK 2024 yang melibatkan perwakilan dari Maluku. Meskipun Maluku belum berhasil masuk dalam 14 besar Duta GenRe Indonesia 2024, Kaya menegaskan bahwa partisipasi dalam ajang ini tetap merupakan sebuah kebanggaan bagi Maluku.

“Kami sangat bangga atas partisipasi anak-anak Maluku dalam ajang ini. Pengalaman yang mereka dapatkan akan menjadi bekal berharga untuk mereka jalankan sebagai konselor sebaya di Maluku, sehingga mampu menjadi teladan bagi remaja-remaja lainnya,” ujarnya.

Pada malam final tersebut, perwakilan dari Aceh, Muhammad Zaki Raihan, berhasil meraih juara 1 Duta GenRe Indonesia 2024, disusul oleh Tesalonika Kusuma Wardani Lengkong dari Sulawesi Tengah. Selain itu, dilakukan juga serah terima Ketua GenRe Indonesia, dari Nur Alif Baslamin (periode 2022-2024) kepada I Putu Arya Aditya Utama, yang akan menjabat sebagai Ketua GenRe Indonesia periode 2024-2026.

(JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *