UNESCO Percayakan Direktur AMO Koordinator Regional Kota Musik Se-Asia Pasifik

Jejak berita, Ambon – Dalam sebuah pencapaian yang membanggakan, Direktur Ambon Music Office (AMO) yang juga Focal Point Ambon UNESCO City of Music, Ronny Loppies, telah terpilih sebagai Koordinator Regional untuk kota-kota musik UNESCO di wilayah Asia Pasifik. Pemilihan tersebut berlangsung pada Konferensi Tahunan Kota-Kota Kreatif Dunia 2024 yang diadakan di Kota Seni-Media UNESCO, Braga, Portugal, pada bulan Juli 2024, dengan tema “Bringing Youth to the Table for the Next Decade.”

Meskipun Loppies tidak hadir secara langsung di perhelatan dunia ini, ia berhasil meraih dukungan utama dari berbagai kota di seluruh dunia. Dukungan kuat datang dari Norrkoping (Austria), Kansas City (AS), Daegu (Korea Selatan), Ipoh (Malaysia), dan Suphanburi (Thailand), serta banyak kota lain di Asia Pasifik.

Selain Asia Pasifik, koordinator regional juga dipilih untuk Amerika Utara dan Amerika Selatan, Eropa, dan Afrika. Hal ini dilaporkan oleh Koordinator Kluster Musik UCCN. “Kesemuanya ini menambah keyakinan bahwa Ambon semakin berjejaring secara internasional karena banyak kepercayaan dari kota-kota lain di dunia terhadap Ambon City of Music,” kata Ronny Loppies saat dikonfirmasi pada Kamis (1/8/24) di Ambon.

Konferensi tahunan ini dihadiri oleh lebih dari 130 orang dan 660 delegasi dari 250 kota kreatif dunia, termasuk 55 kota musik dunia. Kota-kota kreatif dari seluruh dunia hadir untuk merayakan ulang tahun ke-20 jejaring UNESCO ini dan menggarisbawahi pentingnya keterlibatan pemuda dalam pembangunan perkotaan.

Sesi yang sangat penting dalam konferensi ini adalah sesi tingkat tinggi, di mana walikota dan berbagai perwakilan dari organisasi antar pemerintah dan jaringan internasional membahas strategi untuk lebih mengintegrasikan budaya ke dalam pembangunan perkotaan berkelanjutan. Diskusi-diskusi tersebut mencapai puncaknya pada pengesahan Manifestasi Braga 2024, yang menganjurkan agar budaya diakui sebagai tujuan tersendiri dalam kerangka pembangunan berkelanjutan pasca tahun 2030.

Pemilihan Ronny Loppies sebagai Koordinator Regional Kota Musik UNESCO di Asia Pasifik adalah bukti pengakuan internasional terhadap peran penting Ambon dalam jaringan kota musik dunia. Ini adalah langkah maju yang signifikan bagi Ambon dalam memperkuat posisinya di kancah global dan menunjukkan komitmen kota ini terhadap pembangunan berkelanjutan melalui budaya.

(JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *