SMA Negeri 13 Ambon Raih Berbagai Prestasi dan Alami Peningkatan Minat Siswa Baru

Jejak berita.Com,Ambon – Kepala Sekolah SMA Negeri 13 Ambon, Soleman Ahmad, S. Pd., dalam wawancara yang dilakukan di ruang kerjanya, Senin (22/07/24), menyampaikan bahwa proses pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2024 di SMA Negeri 13 Ambon telah berjalan dengan lancar berkat sosialisasi dan edukasi yang diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

“Untuk menyamakan persepsi, telah disediakan link khusus oleh Dinas Pendidikan. Ada empat sistem pendaftaran PPDB, yaitu melalui jalur zonasi, afirmasi (untuk siswa yang kurang mampu), pindahan orang tua, dan jalur prestasi,” jelas Soleman.

Soleman juga mengungkapkan beberapa pencapaian yang berhasil diraih selama enam bulan kepemimpinannya. “Kami berhasil mencapai 100% kelulusan siswa pada tahun ajaran 2023/2024. Selain itu, nilai laporan pendidikan untuk literasi dan numerasi yang tadinya merah kini sudah menjadi hijau. Jumlah siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi melalui jalur prestasi juga meningkat dari 25 menjadi 50 orang,” tambahnya.

Dalam bidang ekstrakurikuler, SMA Negeri 13 Ambon juga menunjukkan prestasi yang membanggakan. “Kami berhasil mengutus empat siswa untuk Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat provinsi, dua siswa untuk Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi, dan satu siswa untuk mata lomba Seni Kriya yang mewakili Maluku di tingkat nasional,” ujar Soleman.

Selain itu, minat siswa untuk masuk ke SMA Negeri 13 Ambon juga mengalami peningkatan signifikan. “Pada tahun 2023, jumlah rombongan belajar (rombel) hanya 8 kelas, namun tahun 2024 meningkat menjadi 11 kelas, dengan jumlah siswa 36 orang per kelas,” jelas Soleman.

Soleman berharap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dapat terus memberikan bantuan yang dibutuhkan sekolah untuk kelancaran proses pembelajaran. “Kami berharap adanya bantuan-bantuan yang sekolah butuhkan untuk kelancaran proses pembelajaran dapat dimudahkan,” harapnya.

Terakhir, Soleman memberikan pesan khusus kepada siswa baru agar dapat menyesuaikan diri dengan aturan yang ada di sekolah serta mengharapkan dukungan dari orang tua dalam proses pembelajaran. “Untuk para guru, diharapkan disiplin yang ada dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi,” tutup Soleman.

Dengan berbagai prestasi yang telah diraih dan peningkatan minat siswa baru, SMA Negeri 13 Ambon terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan terbaik bagi para siswanya. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *