Tingginya Minat Siswa di SMAN I Ambon, Tahalele : Menambah Rombel Atas Koordinasi Dengan Dinas Pendidikan

Jejak berita.Com, Ambon – Antusias orang tua siswa Peserta Didik Baru untuk menyekolahkan anak-anaknya di SMA Negeri I Ambon sangat tinggi, kurang lebih 800 orang siswa, kondisi seperti ini membuat membuat pihak sekolah  harus menambah rombongan belajar (rombel), yang sebelumnya disepakati hanya 9 menjadi 16 rombel.

Demikian pengakuan Kepala sekolah SMAN I Ambon, Drs. A.R. Tahalele, M.Pd saat diwawancarai media ini di ruang kerjanya pada, Sabtu (13/07/2024).

Tahalele menjelaskan, kondisi yang terjadi di SMAN I ini telah di koordinasi dengan pihak Dinas Pendidikan Provinsi dan penambahan rombel di setujui, maka kami melakukan penambahan rombel.

“Antusias orang tua siswa untuk menyekolahkan anak-anaknya di SMAN I Ambon sangat tinggi, kurang lebih 800 siswa, ketika diumumkan hanya 9 rombel begitu banyak orang tua siswa datang ke sekolah, kondisi ini sangat dilematis, sehingga kami berkoordinasi dengan pihak Dinas untuk mencari solusi yang tepat,” Jelas Tahalele.

Menurut Tahalele, membludaknya jumlah siswa untuk bersekolah di SMAN I maupun SMAN 2 Ambon salah satu penyebabnya adalah guru-guru ASN yang ada di SMA swasta sudah ditarik masuk ke SMA Negeri.

“Sebenarnya di pusat kota ini masih banyak SMA swasta, yang negeri hanya SMAN I dan 2, namun pilihan hanya pada SMA Negeri dan sonasi kami itu mulai dari Galala sampai Benteng , termasuk dari pegunungan,” Ungkapnya.

Ketika ditanya terkait PPDB menggunakan sistem sonasi, afermasi, perpindahan orang dan prestasi, Tahalele mengatakan, khusus untuk sonasi, tidak terlalu efektif karena timbul ketidakpercayaan orang tua dan siswa terhadap sekolah yang ada di dalam kota Ambon.

“Saya mencontohkan, sonasi untuk SMAN I Ambon mulai dari Galala sampai Benteng termasuk dari pegunungan, apakah ada SMA Negeri di pengunungan, karang panjang, kudamati, waihaong, pohon pule,? tidak ada. Sekolah SMA Negeri memang banyak, tetapi semuanya berada di luar kota, !!, apakah siswa yang tinggal di dalam kota mau bersekolah di SMA Negeri yang di luar kota, ini persoalannya,” Tuturnya

Oleh karenanya kami berharap kepada orang tua siswa, masih banyak sekolah swasta yang ada di dalam kota, SMA Negeri 1 Ambon mempunyai daya tampung yang terbatas, SMA swasta yang ada di dalam kota juga mempunyai keunggulan masing-masing, tidak ada perbedaan yang signifikan antara SMA Negeri. (JB-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *