Pemkot Ambon Gelar Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke -28 Tahun 2024

Jejakberita.Com, Ambon – Pemerintah Kota Ambon menggelar upacara bersama di halaman parkir belakang Balai Kota Ambon dalam rangka memperingati Hari Otonomi Daerah ke-28 tahun 2024. Upacara ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, dan dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta pegawai pemerintah Kota Ambon, pada Kamis (25/04/2024).

Dalam sambutannya, Agus Ririmasse membacakan arahan dari Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Tema peringatan tahun ini adalah “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat.” Ririmasse menjelaskan bahwa tema ini dipilih untuk memperkuat komitmen, tanggung jawab, dan kesadaran seluruh jajaran pemerintah daerah terhadap amanah dan tugas untuk membangun keberlanjutan dalam pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup di tingkat lokal.

“Otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat,” tegas Ririmasse. Dia juga menekankan bahwa tujuan utama dari otonomi daerah mencakup tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi.

Upacara ini juga menjadi momentum untuk merayakan perjalanan otonomi daerah yang telah mencapai tahap kematangan, melahirkan berbagai terobosan kebijakan dalam rangka identifikasi dan perencanaan wilayah-wilayah yang berpotensi dikembangkan secara terintegrasi.

Implementasi pengembangan wilayah perlu dilakukan melalui pendekatan kebijakan yang berkelanjutan dan implementasi regulasi ekonomi hijau. Hal ini sejalan dengan tema peringatan tahun ini, yang menggarisbawahi pentingnya pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan ekonomi hijau dan lingkungan yang sehat bagi masyarakat Kota Ambon. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *