Direktur AMO: Sound of Green Jadi Topik Utama di Daegu Global Forum 2024

Jejak berita. Com, – Direktur Ambon Music Office (AMO), Rony Loppies, mengungkapkan bahwa program inovatif Sound of Green (SoG) menjadi tema penting dalam Daegu Global Forum (DGF) 2024. Forum internasional ini bertujuan untuk menciptakan berbagai peluang dan kolaborasi antar jejaring kota-kota kreatif UNESCO, khususnya dalam bidang musik.

“Dalam forum ini, musik tidak hanya dianggap sebagai hiburan, tetapi juga sebagai katalis pembangunan perkotaan yang berkelanjutan berbasis budaya dan kreativitas,” kata Loppies saat diwawancarai Tim Media Center pada Rabu (23/10/2024) di Ambon. Loppies, yang telah tiga kali diundang sebagai pembicara dalam forum tersebut, menjelaskan bahwa DGF 2024 membahas tiga tema penting terkait peran musik dalam pembangunan perkotaan berkelanjutan.

Tema pertama, regenerasi budaya dan ekonomi, menekankan peran musik sebagai katalis dalam pembangunan kawasan perkotaan, melestarikan warisan budaya, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Musik dinilai mampu meningkatkan ekonomi lokal dan kualitas hidup masyarakat.

Tema kedua, pertukaran dan kerja sama internasional, menyoroti kolaborasi antar kota kreatif UNESCO untuk mengatasi tantangan global dan menciptakan peluang baru melalui jejaring internasional.

Tema ketiga, keberlanjutan dan inklusi sosial, membahas bagaimana musik digunakan sebagai instrumen pembangunan berkelanjutan untuk mengatasi isu-isu seperti perubahan iklim dan kesenjangan sosial. Program inovatif seperti Sound of Green yang dikembangkan AMO adalah contoh konkret bagaimana musik dapat membina komunitas dan menciptakan perubahan positif di perkotaan.

“DGF 2024 berhasil menyoroti potensi transformatif musik dalam pengembangan perkotaan dan pertukaran budaya serta kreativitas,” tambah Loppies. “Kerja sama melalui musik inilah yang mendorong kota-kota kreatif UNESCO untuk terus maju.”

Acara ini berlangsung di Daegu, Korea Selatan, pada 10-11 Oktober 2024, dan dihadiri oleh focal point dari kota-kota kreatif UNESCO dan Hongkong, serta musisi, pelaku budaya, dan pemerintah kota. Pembicara kunci dalam forum ini termasuk Michael Kim (London, Kanada), Ronny Loppies (Ambon, Indonesia), Mattias Rauch (Mannheim, Jerman), Bukeke Blakemore (Kansas City, USA), dan Paulo Longo (Idanha-a-Nova).

(JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *