Peringati Hari Pangan Sedunia, Pemkot Ambon Gelar Gerakan Pangan Murah

Jejak berita.Com, Ambon – Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) pada Rabu, 16 Oktober 2024. Kegiatan yang berlangsung di Kawasan Monumen Gong Perdamaian Dunia ini akan dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIT.

Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan GPM ini adalah untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok di Kota Ambon. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan akses pasar bagi produsen pangan serta memudahkan konsumen mendapatkan bahan pangan dengan harga yang terjangkau.

“Kami berharap masyarakat Kota Ambon dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk membeli bahan pangan dengan harga murah,” ujar Pj. Wali Kota saat ditemui di Balai Kota pada Senin (14/10/24).

GPM kali ini melibatkan sejumlah distributor di Kota Ambon guna membangun sinergi antara pemerintah dan para pemangku kepentingan dalam sektor pangan. Beberapa komoditas yang akan dijual di bawah harga pasaran di antaranya beras premium seharga Rp 65.000 untuk 5 kg, telur ayam Rp 54.000 per rak, minyak goreng Rp 14.000 per botol, dan berbagai komoditas lain seperti cabai, sayuran, serta ikan.

Lebih lanjut, Dominggus N. Kaya menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk nyata dari komitmen Pemkot Ambon dalam mendukung stabilitas pangan di tengah masyarakat, khususnya dalam menjaga daya beli masyarakat terhadap kebutuhan pokok.

Untuk tahun 2024, Hari Pangan Sedunia yang diinisiasi oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB mengangkat tema, “Right to Foods for a Better Life and a Better Future” atau “Hak atas Pangan untuk Kehidupan dan Masa Depan yang Lebih Baik”. Tema ini menyoroti pentingnya akses terhadap pangan sebagai hak asasi manusia yang perlu dijamin untuk kesejahteraan dan keberlangsungan hidup masyarakat.

Dengan adanya GPM ini, Pemkot Ambon berharap dapat berkontribusi dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang lebih baik melalui penyediaan bahan pangan yang terjangkau dan berkualitas. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *