Pj. Wali Kota Ambon Sampaikan Pentingnya Parenting pada Kegiatan ADUJAK 2024 di Bali

Jejak berita, Com, Bali – Penjabat (Pj) Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, bersama Pj. Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Bunda Generasi Berencana (GenRe) Kota Ambon, Deasy N. Kaya, menghadiri kegiatan Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreativitas (ADUJAK) GenRe Tingkat Nasional Tahun 2024 yang berlangsung dari 17 hingga 21 September di Bali.

Kedua tokoh tersebut turut mendukung pertunjukan kreativitas dari Duta GenRe Maluku pada Kamis (19/9/2024) di Ballroom Hotel Prime Plaza Sanur, Bali. Pertunjukan ini diikuti oleh perwakilan dari 34 provinsi, termasuk Maluku, dengan masing-masing provinsi menampilkan karya seni seperti tarian, lagu, dan narasi yang menggambarkan program yang telah dilaksanakan oleh forum GenRe di wilayah mereka dalam waktu lima menit.

Dalam penampilan yang turut melibatkan Kepala Perwakilan BKKBN Maluku, Mauliwaty Bulo, dan Kepala Dinas PPKB Kota Ambon, J.W. Patty, Pj. Wali Kota menyampaikan pesan penting bagi para orang tua tentang peran mereka dalam membentuk pola asuh atau parenting dalam keluarga.

“Pementasan ini menggambarkan kisah seorang anak berprestasi di sekolah yang dipengaruhi oleh lingkungannya. Di sinilah pentingnya peran orang tua dalam membangun pola asuh yang baik,” jelas Kaya.

Ia menambahkan, meskipun anak tersebut dihadapkan pada berbagai godaan dari lingkungannya, seperti seks bebas, penyalahgunaan narkoba, dan kenakalan remaja, peran orang tua yang menerapkan pola asuh yang tepat sejak dini akan mampu menyelamatkan masa depan sang anak. “Dengan kuatnya pola asuh yang dibangun sejak kecil, anak-anak akan mampu menghindari godaan dan memiliki masa depan yang cerah,” imbuhnya.

Kaya juga berharap bahwa penampilan perwakilan Provinsi Maluku akan mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para juri sehingga dapat membawa nama harum Kota Ambon di tingkat nasional.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Maluku, Mauliwaty Bulo, juga menekankan pentingnya bagi orang tua untuk terus meningkatkan pengetahuan mereka tentang pola asuh.

“Tidak ada sekolah khusus untuk menjadi orang tua, sehingga sangat penting untuk terbuka, belajar, dan mencari informasi terkait pengasuhan yang baik bagi anak dan remaja,” ujarnya.

Bulo menambahkan bahwa melalui program GenRe, BKKBN Maluku ingin menanamkan kesadaran kepada generasi muda untuk merencanakan hidup mereka sejak dini.

“Belum semua remaja merencanakan pendidikan, pekerjaan, hingga pernikahan mereka. Jika semua ini direncanakan dengan baik sejak awal, tentu hasilnya akan positif dan berjalan sesuai harapan,” tutupnya.

Dengan kehadiran dan dukungan dari Pj. Wali Kota dan Tim Penggerak PKK Kota Ambon, diharapkan kesadaran akan pentingnya parenting semakin tersebar luas di kalangan masyarakat. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *