RJ – Ratuanak, Mewujudkan Politik KKT Menjadi Politik Santun Bersih dan Beretika

Kabupaten KKT, Politik6661 Dilihat

Jejak berita.Com, Saumlaki –  Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Tanimbar Periode 2024 – 2029,” Ricky Jewerissa dan Wakil Bupati Srikandi dr. Juliana Ratuanak memiliki konsep budaya politik yang selalu berpusat pada imajinasi (pikiran dan perasaan) manusia yang merupakan dasar dari semua tindakan.

Dalam orasi politik beberapa hari kemarin, kesepakatan kedua kandidat menyebutkan, dalam rangka menuju arah pembangunan dan modernisasi suatu masyarakat akan menempuh jalan yang berbeda antara masyarakat yang satu dengan masyarakat yang lain, dan itu terjadi karena peranan kebudayaan sebagai salah satu faktor.

Budaya politik dapat membentuk politik, dapat membentuk aspirasi, harapan, dan prioritas tertentu dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh perubahan sosial politik.

Peran budaya politik santun, bersih dan beretika dalam rangka memperkokoh kehidupan masyarakat tanimbar butuh perubahan salah satu adalah, mampu kuasai etika politik dan pemerintahan, agar mengandung misi kepada setiap pejabat dan elit politik untuk bersikap jujur, amanah, sportif, siap melayani, berjiwa besar, memiliki keteladanan, rendah hati, demi mewujudkan tujuan pembangunan dan melayani masyarakat.

Kami perlu dilakukan upaya penanaman suatu kesadaran bahwa politik yang hendak kita perjuangkan bukan semata – mata ,” POLITIK KEKUASAAN,” melainkan suatu politik yang mengedepankan panggilan pengabdian demi kesejahteraan masyarakat luas.

Budaya politik santun, bersih dan beretika ini dapat diperlukan karena dapat membuat para elit politik menjauhi sikap dan perbuatan yang dapat merugikan daerah ini. Akhirnya, disarankan agar dilaksankan terciptanya pondasi bagi generasi penerus yang tidak hanya mau menjadi politis, namun paham budaya dan etika politik. (JB-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *