Jelang Pilkada 2024, Polres SBB Gelar Rakor Lintas Sektoral  Sandi Ops Mantap Praja Salawaku

Kabupaten SBB674 Dilihat

Jejak berita.Com, Piru – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Kabupaten Seram Bagian Barat, Polres Seram Bagian Barat Gelar Rakor Lintas Sektoral Kesiapan Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 dalam rangka Pengaman Pilkada Serentak Tahun 2024 yang dilaksanakan di Aula Bhayangkara Polres Seram Bagian Barat, Senin (12/08/24).

Rapat koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Seram Bagian Barat AKBP Dennie Andreas Dharmawan, S.I.K., yang didampingi oleh Penjabat Bupati SBB yang diwakili oleh Sekda Kab. SBB LEVERNE A. TUASUN, SP.,M.Si dan Dandim 1513/SBB LETKOL Inf. RUDOLF G. PAULUS serta dihadiri oleh Waka Polres SBB KOMPOL LA UDIN TAHER, S.IP dan PJU Polres SBB, Ketua KPU Kab. SBB ABUANI KASILAYA, M.Pd, Kepala OPD lingkup Pemda Kab. SBB, Toga dan Tomas serta para Tamu undangan yang turut hadir.

Dalam sambutan Kapolres Seram Bagian Barat AKBP Dennie Andreas Dharmawan,S.I.K., mengucapkan terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu dalam pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral Kesiapan Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 dalam rangka Pengaman Pilkada Serentak Tahun 2024 di wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat.

“Terima kasih atas kehadiran dalam rakor ini, dimana Rakor ini bertujuan untuk menyamakan persepsi, menyelaraskan rencana tindakan dan meningkatkan keterpaduan antara TNI-POLRI, Penyelengara Pilkada, Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam melaksanakan pengamanan seluruh tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2024 di wilayah Kabupaten Seram Bagian Barat”, ucap Kapolres.

“Kegiatan rapat koordinasi lintas sektoral ini merupakan rangkaian kesiapan kita dalam penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 yang nanti puncaknya akan dilaksanakan pada tanggal 27 November 2024”, tambah Kapolres AKBP Dennie.

Kapolres Seram Bagian Barat AKBP Dennie Andreas Dharmawan,S.I.K., juga menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Pilkada serentak ini kita harus atensi pada setiap tahapannya baik dalam Pra Pemilihan, saat pemilihannya maupun Pasca pemilihannya yang merupakan suatu rangkaian yang harus kita jaga.

“Semua tentunya berharap proses Metode demokrasi di wilayah kabupaten Seram Bagian Barat dapat berjalan dengan aman, damai dan sukses”, ungkap Kapolres SBB.

Kapolres menekankan, Polres Seram Bagian Barat siap mengamankan seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2024 dengan melibatkan personel Polres dan Polsek jajaran mulai dari tahap persiapan sampai pelaksanaan pemungutan suara hingga rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat TPS, PPS, PPK hingga tingkat KPU, sampai pelantikan bupati dan wakil bupati maupun gubernur dan wakil gubernur terpilih.
Diakuinya, Polres Seram Bagian Barat beserta Polsek jajaran telah melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan di setiap TPS dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti lokasi TPS, letak geografis, jumlah pemilih dalam TPS, riwayat sejarah konflik, serta ancaman kelompok teroris dan radikal.

Selain itu, keberhasilan Polri, TNI, dan seluruh elemen dalam pengamanan pemilihan umum dan Pilkada serentak menjadi salah satu referensi penting dalam pengamanan Pilkada serentak tahun 2024.

Kapolres juga menyatakan, Polri sebagai salah satu unsur dalam Penegakan Hukum siap bekerja secara profesional dalam setiap penanganan temuan dan laporan tindak pidana pemilu.
Dia juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama TNI-Polri dan pemerintah daerah menciptakan suasana yang aman, damai, dan kondusif pada Pilkada Serentak 2024.

“Kepada seluruh personel Polres Seram Bagian Barat agar senantiasa menjaga netralitas serta meningkatkan soliditas dan sinergitas dengan TNI, pemda, dan stakeholder terkait sehingga situasi kamtibmas tetap kondusif dan Pilkada serentak tahun 2024 berjalan aman, damai, sejuk, jujur, dan adil sehingga melahirkan pemimpin daerah yang amanah dan dapat mensejahterakan rakyat,” imbuh Kapolres. (JB-01).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *