PRAKTIK TERBAIK AMBON CITY OF MUSIC DIPRESENTASIKAN FOCAL POINT AMBON UNESCO CITY OF MUSIC

Jejak berita. Com – Ronny Loppies, Focal Point Ambon UNESCO City of Music, ditunjuk oleh Kemenparekraf/ Baparekraf sebagai narasumber utama dalam sosialisasi seleksi nasional pengusulan nominasi anggota Jejaring Kota Kreatif UNESCO tahun 2025, pada Selasa (06/08/2024)

Dalam sesi diskusi tersebut, Ronny yang juga menjabat sebagai Direktur AMO membawakan topik “Ambon City of Music (dari lokal menuju Global bersama UCCN)”, di mana ia mempresentasikan praktik terbaik Ambon City of Music mulai dari upaya menjadi City of Music hingga deklarasi.

Presentasi ini diharapkan menjadi inspirasi bagi kota-kota lain di Indonesia untuk mempersiapkan diri menuju UCCN. Sebelumnya, pada tahun 2023, Ronny telah ditunjuk oleh UNESCO sebagai penilai untuk kota-kota kreatif di tingkat internasional, menunjukkan kepercayaan dan pengakuan atas keahlian dan dedikasinya dalam bidang ini.

Ronny yang juga menjadi anggota Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor: SK/44/DI.01.00/MK/2024 tertanggal 22 April 2024, akan bekerja sama dengan para pakar arsitektur dan perancangan kota, peneliti pengembangan ekonomi pembangunan, dosen arsitektur dan perencanaan UGM, pakar gastronomi, dan ketua gerakan masyarakat wirausaha.

Proses penilaian oleh Panselnas akan berlangsung hingga bulan September 2024, di mana dari 75 kota akan dipilih hingga 6 kota yang masuk nominasi. Nominasi ini kemudian akan dikerucutkan lagi menjadi 4 kota, dan akhirnya akan dipilih 2 kota yang dossiernya akan dikirimkan ke UNESCO untuk dinilai di tingkat internasional pada sektor kreatif yang berbeda.

Partisipasi Ronny dalam sosialisasi ini menunjukkan komitmen Ambon untuk terus berkontribusi dalam jaringan kota kreatif dunia dan berbagi pengalaman berharga demi kemajuan kota-kota lain di Indonesia. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *