Pemasangan Papan Informasi APBDes Desa Alusi Batjas, Bukti Keterbukaan Informasi Keuangan Desa

Kabupaten KKT824 Dilihat

Jejak Berita.Com,Saumlaki – Desa merupakan salah satu unit pemerintahan yang memiliki peranan penting dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dalam upaya untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa pemasangan informasi papan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) telah menjadi langka signifikan yang diambil dari desa Alusi Batjas Kecamatan Kormomolin Kabupaten Kepulauan Tanimbar.Papan informasi ini berisi realisasi APBDes tahun 2024 dan proyeksi APBDes tahun 2024 yang dipasang ditempat strategis depan alun – alun desa Alusi Batjas yang muda diakses masyarakat. Langkah ini tidak hanya menggambarkan berkomitmen dalam mengelola keuangan secara transparan tetapi juga berperan dalam mempromosikan akuntabilitas dan respon pemerintah desa.

Akuntabilitas dan transparansi keuangan adalah pilar penting dalam pembangunan kepercayaan pemerintah desa dan masyarakat. Dengan pemasangan papan informasi APBDes, masyarakat memiliki akses langsung terhadap informasi mengenai pendapatan dan belanja desa.

Tujuannya masyarakat dapat melihat dengan jelas bagaimana dana – dana desa digunakan untuk berbagai kegiatan pembangunan, layanan sosial, dan program – program dan pemberdayaan masyarakat. Ini juga membantu dalam mencegah potensi ada pengawasan langsung dari masyarakat terhadap pengelolaan keuangan desa.

Papan informasi APBDes juga mencerminkan prinsip transparansi, dimana setiap detail terkait alokasi dana dan kegiatan dijelaskan secara terbuka.

Kepala Desa Alusi Batjas Kecamatan Kormomokin, M. Lalamafu, kepada media ini, pada Senin (05/08/2014), menjelaskan masyarakat memiliki hak untuk mengetahui bagaimana rencana anggaran desa dibuat dan bagaimana realisasinya,’ jelasnya. (JB-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *