Masyarakat Adat Nusapuan Pulau Buano Dapat Bantuan Pakaian Adat Dari Kementerian Kelautan & Perikanan RI

Kabupaten SBB4066 Dilihat

Jejak berita. Buano Selatan – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI berkesempatan mengunjungi pulau Buano, Kabupaten Seram Bagian Barat dalam rangka memberikan bantuan pakaian adat dan peralatan adat lainnya, yang berlangsung di negeri buano Selatan, pada Rabu (26/06/2024).

Raja Negeri Buano Selatan, Frangky Nusaaly dalam keterangannya kepada media ini mengatakan, kehadiran Kementerian Kelautan dan Perikanan di pulau Buano yang diwakili oleh Ibu Indah adalah merupakan niat baik dari pemerintah kabupaten SBB yang telah menandatangani SK pengesahan Masyarakat Hukum Adat Nusapuan pulau Buano kepada dua Negeri Adat yang mendiami pulau Buano, yaitu Negeri Buano Utara dan Buano Selatan.

“Dari SK itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI memberikan bantuan stimulan yang merupakan permintaan dari dua Negeri masyarakat Adat Nusapuan pulau Buano, berupa pengadaan pakaian adat dan maupun peralatan adat lainnya,” Jelas Nusaaly.

Raja Negeri Buano Selatan menjelaskan, untuk Buano Selatan bantuan yang diberikan adalah 1 set pakaian adat raja, 4 set pakaian adat untuk ketua-ketua adat, 4 set pakaian adat untuk kepala-kepala soa, 9 set pakaian adat untuk kepala-kepala dati, 2 set pakaian adat untuk kapitan, 2 set pakaian adat untuk malesi, ditambah dengan lenso adat dan peralatan adat lainnya.

“Bantuan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI untuk kedua Negeri Adat Nusapuan pulau Buano Selatan dan Buano Utara total berjumlah Rp 40 juta, masing-masing Negeri mendapat Rp 20 juta dalam bentuk barang, yaitu pakaian adat dan peralatan adat lainnya,” Ungkap Nusaaly.

Nusaaly pada kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Kementrian Kelautan dan Perikanan yang telah hadir di pulau Buano sekaligus memberikan bantuan. Ucapan terimakasih juga di sampaikan kepada Ibu Egi Putileihalat sebagai perwakilan dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Maluku yang memberikan fasilitas sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

“Kami juga berharap, ada perhatian yang berkelanjutan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kiranya dapat memberikan bantuan bodi tangkap dan jaring yang memadai, sehingga kelompok nelayan yang ada dapat meningkatan pendapatan hasil tangkap yang lebih baik, sehingga taraf hidup masyarakat adat Nusapuan pulau Buano lebih baik lagi” Pungkasnya. (JB-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *