DR. JAIS ELY : MINIATUR PEMIMPIN MASA DEPAN SBB Oleh : Jovandri Aditya Kalaimena

Jejakberita.Com, Ambon – Perubahan dan keberhasilan daerah tak lepas dari leadership kepala daerah dalam memimpin sebuah pemerintahan. Sosok DR. Jais Ely merupakan Pemimpin yang harus diteladani oleh Kepala Daerah selanjutnya di Bumi Saka Mese Nusa ketokohan serta kharismatiknya terlihat sangat jelas beliau mampu menempatkan diri pada posisinya, kadang bersikap sebagai kepala daerah yang merupakan Top Menejer Pemerintahan dilain sisi dirinya sebagai Class middle yang mampu menetralisir antara masyarakat dengan pemerintah dan juga sebaliknya ini adalah suatu sikap yang jarang dimainkan oleh kepala daerah lain di Maluku.

DR. Jais Ely sosok kepala daerah yang menerapkan kepimimpinan berbeda dengan yang lain, hal ini dapat dilihat pasca dilantik sebagai Pj. Bupati Seram Bagian Barat beliau mampu menghimpun berbagai kepentingan yang cukup beragam di wilayah yang dipimpin dan dapat mengeksekusikan berbagai problem yang selama ini tidak diselesaikan tetapi dibawah kepimpinannya ada tanda – tanda menuju ke arah perbaikan baik dari sisi infrastruktur daerah maupun kepentingan publik lainnya.

Kepala Daerah dengan segudang prestasi yang sudah ditorehkan di berbagai bidang baik itu dari sektor Pendidikan, hingga menduduki jabatan pemerintahan sebagai Kepala Dinas Ketahanan Pangan juga dipercayakan sebagai Kadis Pariwisata Provinsi Maluku, dengan bermodal kemampuan dan kinerja yang baik sehingga mengantar beliau menduduki posisi strategis di Kabupaten Seram Bagian Barat sebagai orang nomor satu di daerah tersebut.

Gaya terobosan dan inovasi, yang terbilang unik karena dilakukan oleh orang nomor satu di Kabupaten SBB itu dalam memajukan daerahnya. Sebagai contoh cara yang terbilang unik adalah melakukan follow up terhadap ide dan gagasan dari masyarakat untuk dijadikan program dalam menata keindahan daerah serta menghidupkan kembali pengembangan pada sektor unggulan di daerah seperti merancang icon daerah serta memerintahkan kepada Dinas terkait untuk harus melaksanakan program yang produktif dan inovasi agar ibu kota kabupaten terlihat layak sebagai suatu kota.

bahkan lebih dari itu, juga terdapat cara lain terbilang sangat langkah sebab di berbagai daerah banyak pemimpin berparadigma top down atau program dari pemerintah dijalankan di masyarakat. Sebaliknya, bagi seorang Pj. Bupati yang baru saja dilantik tetapi keakraban terhadap jajaran bahkan tingkat penerimaan di lingkungan masyarakat cukup diapresiasi demikian figur dengan sapaan akrab Bung Jais itu, dia lebih memilih untuk berinovasi baru dalam membuat keputusan dengan model bottom up, cara ini sangat demokratis sebab semua kepentingan dipastikan tersalurkan dengan baik.

Bahkan sosok Pj. Bupati SBB yang murah senyum itu Dalam melakukan pendekatan sosial, selalu mengutamakan pendekatan kemanusiaan melakukan kunjungan secara lansung ditengah problem yang dihadapi oleh masyarakat dibawah Hal ini dimaksudkan untuk menyelesaikan segala permasalahan yang dihadapi oleh warga.

Pengalaman sebagai seorang pendidik tentu beliau mampu dalam memahami karakter manusia yang berbeda langkah – langkah progresif yang dilakukan olehnya dipastikan berhasil mengantarkan Kabupaten Seram Bagian Barat menjadi daerah yang berhasil, untuk itu diharapkan semua elemen masyarakat perlu mendukung langkah – langkah beliau agar dibawah Kepimimpinan yang singkat ini bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan daerah SBB kearah yang lebih baik. (JB-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *