Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, Beri Tanggapan Usai Rapat Paripurna Penetapan Perda

Jejakberita.Com, Ambon – Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, memberikan pernyataan usai mengikuti Rapat Paripurna bersama Pemerintah Kota Ambon yang berlangsung pada Jumat, 14 Juni 2024. Dalam rapat tersebut, DPRD menetapkan enam rancangan peraturan daerah (Ranperda) menjadi peraturan daerah (Perda), pada Jumat (14/06/2024)

Elly Toisuta menjelaskan bahwa seluruh fraksi di DPRD telah menyetujui keenam Ranperda tersebut untuk ditetapkan menjadi Perda. “Dari sembilan fraksi yang ada, semuanya telah menyatakan kesepakatan untuk menerima dan menetapkan keenam Ranperda menjadi Perda,” ujar Elly.

Ia menambahkan, penetapan ini merupakan langkah penting untuk selanjutnya diikuti oleh peraturan walikota yang mendukung implementasinya. “Artinya, keenam Ranperda tersebut sudah ditetapkan dan nanti akan diikuti dengan peraturan walikota sebagai pelaksanaannya. Kami berharap catatan-catatan kritis yang disampaikan oleh masing-masing fraksi, seperti netralitas ASN dalam Pilkada, dapat menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Daerah,” tambahnya.

Selain membahas hasil rapat paripurna, Elly Toisuta juga menanggapi pertanyaan mengenai kemungkinan dirinya maju dalam Pilkada 2024. Sebagai kader Partai Golkar, Elly menyatakan siap jika partai memberikan rekomendasi.

“Saya sebagai politisi kader Partai Golkar, jika partai merekomendasikan saya untuk bertarung di Pilkada 2024, saya siap. Tapi jika tidak, tidak apa-apa. Banyak indikator dan variabel yang dipertimbangkan partai dalam menugaskan seseorang untuk mengikuti Pilkada, seperti dengan siapa dia berpasangan dan siapa lawan tandingnya,” jelas Elly.

Ia menambahkan bahwa komunikasi antara calon-calon saat ini berjalan dengan baik. “Komunikasi di antara semua calon berjalan dengan baik, tetapi siapa yang akan berpasangan dengan siapa itu nanti akan kita tunggu tanggal mainnya,” tutup Elly.

Dengan penetapan keenam Perda ini, DPRD Kota Ambon berharap agar Pemerintah Kota dapat segera merealisasikan aturan-aturan tersebut untuk kepentingan masyarakat. Sementara itu, dinamika politik menjelang Pilkada 2024 terus berkembang dengan berbagai pertimbangan matang dari partai-partai politik. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *