Pemkot Ambon dan TNI/Polri Tandatangani NPHD Jelang Pilkada

Jejakberita.Com, Ambon –  Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama dengan Kodim 1504 dan Polresta Pulau Ambon dan PP. Lease telah melaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pengamanan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ambon, yang akan dilaksanakan pada 27 November mendatang. Penandatanganan ini berlangsung pada Rabu (12/6/2024) di ruang kerja Wali Kota.

“Melalui NPHD ini, kita sudah memenuhi salah satu tanggung jawab untuk mensukseskan Pilkada Wali Kota dan Wakil Wali Kota dari sisi pembiayaan,” ungkap Pj. Wali Kota, Dominggus N. Kaya, usai penandatanganan.

Kaya menjelaskan, bahwa dengan dilakukannya proses ini, rincian atau pos-pos anggarannya telah disepakati dan diterima baik oleh ketiga belah pihak. Selanjutnya, proses pencairannya akan dilakukan sesuai dengan kondisi dan keadaan keuangan daerah.

Menanggapi pertanyaan mengenai anggaran yang dicairkan, Kaya mengungkapkan bahwa total dana yang dialokasikan untuk memfasilitasi Pilkada tersebut sebesar 6,7 miliar rupiah, yang dibagikan kepada Kodim 1504 dan Polresta P. Ambon dan P.P. Lease. “Polri menerima total 5,5 miliar rupiah dan TNI 1,1 miliar rupiah. Proses pencairannya dilakukan secara bertahap dan harus selesai sebelum Pilkada, sesuai dengan kemampuan daerah,” tandasnya.

Kaya berharap, anggaran tersebut dapat digunakan dengan benar agar dapat dipertanggungjawabkan hingga ke tingkat pusat, mengingat anggaran tersebut merupakan uang negara yang harus digunakan sesuai dengan pos-pos yang telah ditetapkan. “Pemanfaatannya harus benar-benar tepat sasaran dan bisa dipertanggungjawabkan dengan baik, karena ini adalah dana negara,” pungkas Kaya. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *