Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H: Membangun Harmoni dalam Keberagaman di Kota Ambon

Jejak berita.Com, Ambon – Majelis Taklim Al-Madinah Pemerintah Kota Ambon menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H dengan tema “Menyebarkan Pesan Rasulullah SAW dan Toleransi Hidup Berdampingan dalam Keberagaman untuk Ambon yang Harmonis,” pada Rabu (25/09/2024), Acara ini berlangsung di Gedung Ashari Al-Fatah, Kota Ambon, dengan dihadiri oleh Penjabat (Pj) Walikota Ambon, Dominggus Nicodemus Kaya, Ketua TP-PKK Kota Ambon Dessy Kaya, Plh Sekkot Ambon Robby Sapulette, serta sejumlah pejabat, tokoh masyarakat, dan pimpinan OPD.

Dalam sambutannya, Pj. Walikota Ambon Dominggus Nicodemus Kaya menyampaikan pesan pentingnya Maulid Nabi sebagai momentum untuk merenungkan dan meneladani akhlak mulia yang diajarkan oleh Rasulullah. “Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini menjadi kesempatan bagi kita untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai kebersamaan, kerukunan, dan saling menghargai dalam hidup bermasyarakat. Rasulullah SAW telah memberi contoh terbaik tentang bagaimana kita hidup dalam keberagaman, dan itu yang perlu terus kita gaungkan di Kota Ambon,” ungkapnya.

Dominggus juga menekankan pentingnya menjaga persaudaraan dan harmoni di tengah masyarakat yang beragam. “Sebagai pemerintah, kami terus mendorong sikap saling menghormati dan kebersamaan di antara umat beragama. Ambon harus menjadi contoh kota yang harmonis dan damai dalam keberagaman,” tambahnya.

Acara ini juga diisi dengan tausiah dari Ustadz Muhammad Hatta yang mengingatkan jamaah akan pentingnya kecintaan terhadap Nabi Muhammad SAW dan penerapan nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Ia mengajak semua umat Islam untuk terus menyebarkan kebaikan dan menjalin silaturahmi dengan seluruh elemen masyarakat.

Sebagai bagian dari rangkaian acara, Pemerintah Kota Ambon bekerja sama dengan BAZNAS Kota Ambon turut memberikan bantuan sosial berupa 55 paket sembako kepada kaum duafa yang membutuhkan. Bantuan ini didukung oleh anggaran dari Pemerintah Kota Ambon melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat sebesar 70 juta Rupiah, serta keterlibatan beberapa OPD, termasuk Dinas Kesehatan, Bappeda Litbang, dan Dinas Pendidikan.

“Pemberian bantuan ini adalah wujud kepedulian dan tanggung jawab sosial kita kepada mereka yang membutuhkan. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang mampu, terutama di saat-saat seperti ini,” ujar Dominggus.

Acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H ini diakhiri dengan harapan agar pesan-pesan perdamaian, kerukunan, dan persaudaraan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dapat terus diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat di Kota Ambon. “Semoga dengan meneladani sifat-sifat Nabi, kita dapat terus membangun Ambon yang aman, nyaman, dan harmonis,” pungkas Pj. Walikota Ambon. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *