Dandim 1504/Ambon Hadiri Peringatan HUT RI ke-79

Kota Ambon741 Dilihat

Jejak berita.Com, Ambon – Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Leo Octavianus MS, S.Sos, M.I.Pol, yang di dampingi Ketua Persit KCK Cabang XXVII Dim 1504, PD XV/Pattimura Ny. Yati Leo Sinaga menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-79 yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (17/08/2024).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Penjabat Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie, Komandan Upacara Danyon 733/ Masariku Letnan Kolonel Inf Julius Jongen Matakena, S.H, Perwira Upacara Mayor Inf Muhammad Arifianto, Komandan Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih Letnan Satu Inf Agung Dwi Prabowo (Komandan Kompi Bantuan Yonif 733/Masariku dan Petugas Pengibar dari Pleton Indonesia Maju).

Hadir juga pada kesempatan itu, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial beserta Ketua Persit KCK PD XVI/Pattimura, Forkopimda Provinsi Maluku, Kapolda Maluku, Danlantamal IX Ambon, Danlanud Pattimura, Sekda Provinsi Maluku, Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Pimpinan Perguruan Tinggi Lingkup Provinsi Maluku, Pimpinan Lembaga Vertikal/BUMN/BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, Unsur TNI/Polri, perwakilan siswa-siswi di Kota Ambon.

Peringatan detik-detik Proklamasi, ditandai dengan bunyi sirene, yang dilanjutkan dengan pembacaan teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi Maluku Benhur G. Watubun dan doa oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku H. Yamin.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Pengibaran bendera dari siswa-siswi SMA/SMK terbaik se-Maluku. Bertindak sebagai pembawa Bendera Merah Putih yaitu, Jesselia Juliandra Van Botte dari SMA Negeri 1 Ambon, sementara tiga pengibar bendera yakni Gabriel Ni Wele dari SMA Negeri 2 Ambon, Marvel Jav Toran dari SMA Negeri 23 Maluku Tengah, Alvaro Fabri Jio Saher dari SMA Negeri 1, Kabupaten Buru.

Dalam upacara yang dipimpin Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), sukses menaikan Bendera Merah Putih.

Upacara kemudian dilanjutkan dengan aubade dari perwakilan siswa-siswi SMA dan SMK se-Kota Ambon, dengan menyanyikan beberapa lagu Kemerdekaan dan solois lagu Benderaku.

Pada kesempatan yang sama Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Leo Octavianus MS, S.Sos, M.I.Pol, mengatakan HUT RI yang ke-79 di wilayah Maluku yang diselenggarakan di Kota Ambon berjalan dengan aman dan lancar, yang diikuti oleh seluruh instansi masyarakat pelajar juga keterlibatan semua stakeholder dan forkopimda yang ada di wilayah Provinsi Maluku juga Kabupaten Kota, dan Kodim 1504/Ambon yang berada di wilayah pusat Kota Ambon turut terlibat, kegiatan diselenggarakan secara terpusat di Lapangan Merdeka kota Ambon dalam keadaan aman dan lancar, jelas Dandim.

Semoga Peringatan HUT RI ke-79 tahun 2024 dapat menghantarkan kita kepada tujuan tema Nusantara Baru Indonesia Maju, tutup Dandim. (JB-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *