Pimpin LatPraOps, Kapolres : Antisipasi Daerah Rawan

Kabupaten SBB608 Dilihat

Jejak berita.Com, Piru – Jelang pelaksanaan Pemilukada 27 November mendatang, Polres Seram Bagian Barat (SBB), akan melaksanakan operasi mantap Praja Salawaku 2024. Namun sebelum pelaksanaan operasi berlangsung, Polres SBB lebih awal melaksanakan kegiatan Latihan Pra Operasi (LatPraOps), yang berlangsung di Mapolres SBB, Rabu (14/8/2024).

Kapolres SBB, AKBP Dennie Andreas Dharmawan, SIK mengatakan, Latihan Pra Operasi itu dilakukan untuk mengetahui kesiapan, kekurangan dan kelebihan seluruh personil yang terlibat dalam pelaksanaan operasi nanti. Pelatihan Praoprasi Mantap Praja Salawaku 2024, bertemakan Melalui Pelatihan Praoprasi Mantap Praja Salawaku 2024 Kita Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan Personil Polres SBB dalam Rangka Pengamanan Pemilihan Kepala Daerah Di kabupaten SBB tahun 2024.
“Kegiatan pelatihan pra operasi ini adalah rangkaian kegiatan operasi mantap praja, kita harus melakukan persiapan-persiapan, salah satunya adalah Lat Pra Ops,”kata Kapolres.

Menurut Kapolres, keamanan itu adalah salah satu elemen terpenting dalam kesuksesan Pemilukada.

Dikatakan, jika kegiatan Lat Pra Ops sudah bisa dari tahun ke tahun cuman yang berubah jumlah TPS, jumlah DPT, tetapi sasaran tidak ada yang berubah.

” Terima kasih untuk para Kapolsek telah berupaya melaksanakan cooling sistem dalam Rangka pemilu damai di wilayah Polsek, Kapolsek harus langsung turun di tengah-tengah masyarakat guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri agar pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai,”ujar Kapolres.

Orang nomor satu di Mapolres SBB ini berpesan untuk para Kapolsek selalu gelorakan cooling sistem supaya situasi Kamtibmas selalu aman, sehingga masyarakat yang ingin melakukan tindakan yang tidak di inginkan pesimis
“Pengalaman Pilpres/Pileg kemarin justru yang bermasalah di TPS atau di PPK sehingga Personil baik BKO dari Polda Maluku dan Sat Brimob dapat disiapkan di titik-titik rawan yakni, Kecamatan Amalatau, Huamual dan Kecamatan Huamual Belakang,”terangnya.

Namun lanjut dia, personil yang BKO di wilayah Kecamatan dibawah kendali Kapolsek.
“Apabila ada tambahan Waktu Penugasan agar dikoordinasikan dengan baik baik dengan Saya selalu Kapolres maupun Kabag Ops. Masih ada waktu untuk melakukan pembenahan sebagai evaluasi terhadap Praktek dan Simulasi/Gladi Poko dalam bentuk Tactical Floor Game SISPAMKOTA yang kiranya dapat lebih tepat sasaran dalam pelaksanaan tugas,”tandas Kapolres

Sementara itu, Kabag Ops Polres SBB AKP Djafar Lessy mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek sudah gencar melaksanakan cooling sistem walaupun dirinya tidak turun langsung ke wilayah Polsek.
“Tapi saya selalu memonitor lewat media sosial sehingga saya tau Polsek mana yang sering melakukan kegiatan cooling sistem. Perlu diketahui oleh rekan-rekan peserta Lat Pra Ops, Pelaksanaan Operasi Mantap Praja Salawaku 2024 SBB berlangsung selama 130 hari,”paparnya.

Lessy mengaku, operasi ini bisa berjalan dengan baik dan lancar tergantung dari seluruh personil.
“Perlu saya kasih gambaran bahwa untuk pelibatan personil untuk operasi kali ini sebayak 618 personil, yang terdiri dari 385 untuk personil polres dan 223 dari personil Polda,”tandas Lessy. (JB-03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *