Dandim 1504/Ambon Hadiri Apel Gelar Pasukan Pengamanan Jelang Pilkada Serentak Tahun 2024

Kodim1504/Ambon124 Dilihat

Jejak berita.Com, Ambon – Dandim 1504/Ambon hadiri kegiatan apel gelar pasukan pengamanan yang diselenggarakan Kodam XV/Pattimura dalam rangka menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024 pada November mendatang, apel di pimpin secara langsung oleh Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M. Tr (Han)., di dampingi oleh Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Eddy Sumitro Tambunan, M.Si., dan di ikuti oleh 525 personil gabungan TNI-Polri, bertempat di Lapangan Mako Yonif 733 R/Masariku, Desa Waiheru, Kec. Baguala, Kota Ambon, Selasa (13/08/2024).

Kodam XV/Pattimura dan jajarannya bersinergi dengan Pemerintah juga instansi lainnya, siap mensukseskan Pesta Demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Serentak Tahun 2024, mewujudkan Pemilu yang aman dan damai di Provinsi Maluku.

Dalam sambutannya Pangdam mengatakan, sebagai aparat TNI-Polri tentunya memiliki andil yang penting dalam mengamankan Pilkada, sehingga harus memiliki kesiapan yang optimal dan memonitor perkembangan update situasi di wilayah, guna menjaga kelancaran dan kesuksesan Pilkada nantinya, sesuai dengan tugas TNI yang tercantum dalam UU 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Pangdam juga meminta kepada semua unsur yang terlibat dalam pengamanan Pilkada, untuk mempedomani SOP dan Protap yang telah diinstruksikan oleh Pimpinan, serta memegang teguh Netralitas dan Santiaji.

“Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan dalam menghadapi Pilkada serentak di Provinsi Maluku, agar pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dengan aman dan lancar tanpa hambatan ataupun gejolak yang berarti kita semua bersaudara, basudara Pattimura”, ajak Pangdam.

Lanjut dijelaskan Pangdam dalam pengamanan Pilkada 2024 di Maluku ini, Kodam menyiapkan sebanyak 2.562 personel.

“Untuk membantu pengamanan Pilkada 2024 di Maluku kami menyiapkan kurang lebih 1.962 personil TNI untuk membantu mengamankan pelaksanaan Pilkada 2024, dan menyiapkan personel cadangan kurang lebih 600 orang yang digunakan sewaktu-waktu jika ada perubahan situasi, beserta alutsista yang diperlukan,” kata Pangdam.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda dalam sambutannya mengatakan, kesuksesan Pilkada bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat saja tetapi juga semua pihak.

Kapolda meyakini Kerjasama yang kuat antara TNI-Polri dan sinergitas yang solid dengan semua instansi serta masyarakat dapat menjamin proses demokrasi ini berjalan lancar.

Usai pelaksanaan apel gelar pasukan, kemudian kegiatan dilanjutkan dengan demonstrasi simulasi pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) secara intensif oleh personil pengamanan, meliputi mekanisme pengamanan yang dilakukan apabila terjadi masalah, seperti masyarakat yang tidak dapat melaksanakan pencoblosan, aksi protes dari masyarakat yang mengakibatkan kerusuhan atau situasi yang tidak kondusif. (JB-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *