Rektor IAKN Ambon: Wisuda 111 Mahasiswa, Bukti Peningkatan Kualitas SDM

Daerah Maluku632 Dilihat

Jejak berita.Com, Ambon – Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon kembali menunjukkan komitmennya dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang handal dan berkualitas dengan mewisuda 111 orang wisudawan baru. Prosesi wisuda yang berlangsung di auditorium IAKN Halong Atas, Ambon, pada Jumat (26/7/2024) ini dihadiri oleh berbagai pihak termasuk keluarga wisudawan dan sivitas akademika.

Rektor IAKN Ambon, Prof. Dr. Yance Z. Rumahuru, S.Si, MA, dalam sambutannya menyatakan kebanggaannya atas capaian para wisudawan. “Saat ini, Institut Agama Kristen Negeri Ambon tengah menyiapkan sumber daya manusia yang tidak kalah dengan universitas negeri maupun swasta lain di Kota Ambon,” ujarnya kepada wartawan usai prosesi wisuda.

Prof. Rumahuru juga menegaskan bahwa IAKN Ambon sedang dalam proses peningkatan status menjadi Universitas Kristen Negeri ternama di Maluku. “Dalam waktu dekat, kami akan mengajukan proposal ke Kementerian Agama untuk ditindaklanjuti menjadi Universitas Kristen Negeri. Bulan lalu, kami telah bertemu dengan Deputi II Kepala Staf Presiden yang telah memfasilitasi kami ke Kementerian Agama. Kami berharap, cita-cita ini dapat segera terwujud,” jelasnya.

Dalam prosesi wisuda kali ini, 111 lulusan terdiri dari 89 sarjana, 17 magister, dan 5 doktor. Mereka berasal dari Fakultas Sosial Ilmu Keagamaan (15 orang), Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen (58 orang), Fakultas Seni Keagamaan Kristen (16 orang), dan Program Pascasarjana (22 orang). Prof. Rumahuru juga menambahkan bahwa ada beberapa wisudawan yang lulus dengan predikat cum laude, dan hampir 90 persen lulus tepat waktu.

Rektor juga mengakui bahwa jumlah wisudawan tahun ini lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya mencapai 300 hingga 400 orang. “Namun, hal ini tidak mengurangi semangat kami untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di IAKN Ambon,” katanya.

Prof. Rumahuru menutup sambutannya dengan menyatakan bahwa IAKN Ambon sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) merupakan mitra strategis pemerintah dan masyarakat. “Kami akan terus melakukan pengembangan inovasi dalam ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni untuk kemajuan bersama,” pungkasnya.

Dengan diwisudanya 111 mahasiswa ini, IAKN Ambon semakin memperkuat perannya dalam mencetak lulusan yang siap berkontribusi positif bagi pembangunan daerah dan bangsa. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *