Puskesmas Rumahtiga Gelar Screening Pengobatan PTM di Jemaat GPM Rumahtiga, Sektor Galilea

Kota Ambon6047 Dilihat

Jejak berita, Ambon – Puskesmas Rumahtiga melaksanakan program screening pengobatan penyakit tidak menular (PTM) untuk penderita Hipertensi, Kolesterol, asam urat dan gula darah, yang bekerjasama dengan Jemaat GPM Rumahtiga, khusus warga Jemaat yang ada di sektor Galilea, pada Sabtu (20/07/2024).

Kepala program penyakit tidak menular (PTM) pada Puskesmas Rumahtiga, Suster Meihta Gomies saat di wawancarai media ini mengatakan, ini program screening bagi penderita penyakit tidak menular yang secara kontinyu dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Rumahtiga.

Menurutnya, ini program pertama yang dilakukan di sektor Galilea, Jemaat GPM Rumahtiga. Yang dilakukan hanya screening pengobatan penyakit tidak menular meliput, hipertensi, asam urat,kolesterol dan gula darah.

“Screening ini dilakukan bagi Bapak/Ibu yang selama ini belum mengetahui mereka sakit apa (hipertensi, asam urat, kolesterol dan gula darah), kalau ada indikasi penyakit, langsung diberikan obat dan disarankan untuk berobat di Puskesmas Rumahtiga,” Jelas Suster Meihta.

Terkait dengan penyakit yang paling sering ditangani oleh Puskesmas Rumahtiga, Suster Meihta menjelaskan, sampai saat ini jenis penyakit yang terdeteksi adalah penyakit tidak menular (PTM).

“Hal sering diabaikan oleh masyarakat karena belum ada komplikasi, mereka menganggap tekanan darah tinggi itu sudah biasa saja, jika itu dibiarkan lama kelamaan bisa menjadi stroke, pembuluh darah pecah yang bisa menyebabkan kematian,” Ungkapnya.

Jadi, yang sebenarnya itu bukan penyakit menular yang berbahaya, namun penyakit tidak menular yang paling berbahaya sebab kalau tidak dideteksi secara dini bisa menjadi fatal bagi penderita.

Saya menghimbau kepada masyarakat untuk secara rutin melakukan cek up kesehatan minimal 3 bulan sekali atau 1 tahun sekali, jangan menunggu sakit dulu baru cek up atau berobat, terapkan pola makan yang teratur dan bergizi, sering-sering berolahraga serta beristirahat yang cukup.

Ditempat yang sama, Ketua Pelwata sektor Galilea, Ibu Ci Tetelepta diminta tanggapannya terkait program screening yang dilakukan oleh Puskesmas Rumahtiga mengatakan, program ini sangat baik dan bermanfaat.

Kita patut melakukan screening seperti ini sebab selama ini jarang sekali kita melakukan screening pengobatan seperti hipertensi, cek asam urat dan kolesterol dan gula darah.

“Kegiatan ini berlangsung atas kerjasama Puskesmas Rumahtiga dengan Jemaat GPM Rumahtiga, khususnya sektor Galilea dalam rangka pelayanan kesehatan, untuk screening pengobatan penyakit tidak menular. Prinsipnya kami sangat mendukung program ini, terlihat dari antusias warga sektor khususnya Ibu-ibu yang datang melakukan screening pengobatan untuk mengetahui hipertensi dan cek asam urat, kolesterol dan gula darah,” Punggungnya. (JB-01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *