Pemkot Ambon dan Pemkab Malteng Teken MoU Pengendalian Inflasi

Jejak berita, Ambon – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon kembali menunjukkan komitmennya dalam mengendalikan inflasi dengan melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng). Kerjasama ini difokuskan pada distribusi komoditi pangan guna menjamin ketersediaan stok bahan pokok di wilayah Ambon.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Penjabat (Pj.) Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya, dan Pj. Bupati Malteng, Rakib Sahubawa, pada Kamis, (04/072024) di Ruang Kerja Wali Kota, Balai Kota Ambon.

Hadir dalam acara tersebut, Plt. Kepala Bagian Ekonomi dan SDA serta Sekretaris Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), A. Solsolay, yang turut menyaksikan penandatanganan MoU.

Dalam sambutannya, Pj. Wali Kota Dominggus N. Kaya menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu strategi pengendalian inflasi yang akan membantu menjamin ketersediaan stok bahan pokok di Kota Ambon. “Sebagaimana kita ketahui, pengendalian inflasi menjadi salah satu kinerja yang dievaluasi oleh Pemerintah Pusat terhadap para kepala daerah,” ujar Kaya.

A. Solsolay menambahkan bahwa tingkat inflasi di Kota Ambon masih tinggi, mencapai 4,49 persen pada bulan Juni 2024. “Inflasi ini menjadi hal penting, dan TPID beberapa kali rapat memutuskan harus ada kerjasama dengan kabupaten/kota yang surplus, sehingga ketika kota Ambon kekurangan komoditi pangan maka dapat diambil dari wilayah kabupaten/kota tersebut,” jelasnya.

Kerjasama ini mencakup sektor perikanan dan holtikultura, mengingat kondisi cuaca ekstrem yang melanda Kota Ambon sehingga berdampak pada kenaikan harga komoditi seperti ikan dan sayur-sayuran. “Tentunya ini menjadi komitmen antara Pemkot Ambon dan Pemkab Malteng, selanjutnya tinggal OPD teknis yang akan menindaklanjuti apabila menemui kekurangan stok bahan pangan,” pungkas Solsolay.

Perlu diketahui, MoU serupa pernah diteken pada periode kepemimpinan Pj. Bodewin M. Wattimena namun telah kadaluarsa sehingga perlu diperbaharui. Dengan pembaruan MoU ini, diharapkan kerjasama antara Pemkot Ambon dan Pemkab Malteng dapat terus berjalan efektif dalam upaya pengendalian inflasi dan menjaga stabilitas harga bahan pokok di Kota Ambon. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *