Ambon Melangkah Maju Menuju Kota Cerdas dengan SIMAK

JB. Com, Ambon – Kota Ambon menapaki langkah maju menuju era digital dengan meluncurkan Sistem Manajemen Administrasi Kependudukan (SIMAK). Inovasi ini digagas oleh Dinas Informatika dan Persandian (Diskominfo Sandi) Kota Ambon untuk mempermudah pengurusan administrasi bagi masyarakat.

Kepala Diskominfo Sandi Kota Ambon, Ronald Lekransy, menjelaskan bahwa SIMAK merupakan bagian dari konsep Smart City yang diusung oleh pemerintah kota. Aplikasi ini mengintegrasikan proses administrasi dari tingkat RT hingga kelurahan, sehingga mempersingkat waktu dan meningkatkan efisiensi.

“Dengan SIMAK, masyarakat tidak perlu lagi mengantri lama untuk mengurus surat-surat. Cukup melalui aplikasi, semua proses dapat dilakukan dengan mudah dan cepat,” ujar Lekransy dalam konsolidasi SIMAK dengan pemangku kepentingan di Balai Kota, Rabu (27/3/24).

Aplikasi SIMAK memiliki struktur dan alur penggunaan yang mudah dipahami. Masyarakat yang ingin mengurus administrasi dapat mendatangi ketua RT untuk mendapatkan surat keterangan dalam bentuk token. Selanjutnya, token tersebut dibawa ke operator di kantor Lurah/Desa untuk diinput ke dalam sistem Kios-K.

“Keuntungan SIMAK tidak hanya dirasakan oleh masyarakat, tetapi juga pemerintah kota. Data kependudukan akan terupdate secara real time karena RT dan kelurahan diwajibkan untuk melakukan update data warganya,” jelas Lekransy.

Penerapan SIMAK merupakan langkah nyata Pemerintah Kota Ambon dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, berkualitas, dan terpercaya, sejalan dengan PP 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (JB-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *