Ambon Siap Jadi Pionir Digitalisasi Pelayanan Publik dengan Telkomsel

JB. Com, Ambon – Pj. Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimena, menyambut baik kunjungan Vice President Area Account Management PT. Telkomsel, Samuel Passaribu, di Balai Kota pada hari Jumat (22/3). Kunjungan ini bertujuan untuk membahas peluang kerjasama dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik melalui digitalisasi.

Wattimena dalam sambutannya menegaskan komitmen Kota Ambon untuk menuju era kota pintar. Terpilihnya Ambon sebagai salah satu dari 100 Smart City di Indonesia menjadi bukti nyata langkah tersebut. Digitalisasi dalam pelayanan publik menjadi kunci utama dalam mewujudkan kota yang cerdas dan modern.

“Telkomsel telah menunjukkan kiprahnya dalam bidang digitalisasi. Berbagai solusi yang ditawarkan tentunya dapat membantu Pemerintah Kota Ambon dalam upaya memajukan kota ini,” ungkap Wattimena.

Kerjasama yang telah terjalin dengan Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ambon menjadi landasan kuat untuk memperluas cakupan digitalisasi di berbagai bidang. Wattimena berharap kolaborasi ini dapat ditingkatkan untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih responsif dan efisien.

“Layanan CCTV, Tapping Box, integrasi sistem perizinan di Mall Pelayanan Publik, hingga Videotron menjadi beberapa peluang kerjasama yang dapat dieksplorasi bersama Telkomsel,” paparnya.

Passaribu, usai kunjungannya, optimis bahwa Kota Ambon memiliki potensi besar untuk menjadi pionir di kawasan Indonesia Timur dalam hal digitalisasi pelayanan publik.

“Setelah melihat langsung potensi Kota Ambon, kami dari Telkomsel siap mendukung penuh seluruh program dan rencana Pemerintah Kota Ambon dalam mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik melalui solusi digital,” tegas Passaribu.

Telkomsel saat ini telah menjalin kerjasama dengan Pemkot Ambon dalam tiga layanan, yaitu Omni Channel, Call Center, dan SMS Broadcast. Passaribu menawarkan berbagai solusi digital lain, seperti Smart CCTV yang dapat memberikan notifikasi dini kepada pihak terkait, serta Smart Tax atau pajak digital secara real time untuk meningkatkan akurasi penerimaan dan meminimalisir kebocoran PAD.

“Sebagai penyedia layanan telekomunikasi terdepan, Telkomsel menjamin kualitas jaringan yang menjangkau seluruh wilayah Kota Ambon. Hal ini menjadi fondasi kuat bagi Pemkot Ambon dalam menghadirkan berbagai solusi digital,” terangnya.

Passaribu menekankan bahwa tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat Kota Ambon.

“Upaya digitalisasi yang dilakukan oleh Pemkot Ambon pada akhirnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Melalui solusi digital dari Telkomsel, Pemkot dapat menghadirkan layanan terbaik dan masyarakat pun akan mendapatkan manfaatnya,” pungkasnya.

Pj. Wali Kota didampingi oleh Asisten III Setda Kota Ambon, Robby Sapulette, dan Plt. Kepala Dinas Kominfo dan Persandian, Ronald H. Lekransy. Dari pihak Telkomsel, hadir Head of Regional Enterprise Account Management Papua Maluku Telkomsel, Aswin Farist, dan Officer Regional Enterprise Account Management Telkomsel Papua Maluku, Risky Septianda. (JB-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *